Kesehatan

Penyebab Sakit Tenggorokan yang Umum Terjadi

Penyebab Sakit Tenggorokan yang Umum Terjadi

Sakit tenggorokan jadi masalah kesehatan yang cukup menjengkelkan, apalagi jika terasa begitu sakit. Ada banyak sekali penyebab sakit tenggorokan, mulai dari infeksi karena virus sampai adanya luka. Di bawah ini ada beberapa penyebab dari sakit tenggorokan yang paling umum terjadi.

  1. Sakit Pilek, Flu, dan Beberapa Infeksi Virus yang Lainnya

Setidaknya hampir 90 persen virus menjadi salah satu hal yang menyebabkan timbulnya sakit tenggorokan. Di antaranya terdapat beberapa virus yang mana kerap jadi faktor penyebab dari sakit pada tenggorokan. Berikut beberapa di antaranya

  • Virus flu yang biasa.
  • Virus Influenza.
  • Virus mononucleosis, yakni penyakit menular di mana akan ditularkan lewat air liur.
  • Virus campak, penyakit yang dapat menyebabkan timbulnya ruam dan demam.
  • Virus cacar air, infeksi yang mampu menjadi penyebab demam dan ruam gatal serta membuat lentingan kecil yang isinya cairan pada kulit.
  • Virus gondok, infeksi yang mana bisa menyebabkan adanya pembengkakan kelenjar ludah pada bagian leher.
  1. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri pada dasarnya juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit tenggorokan. Bakteri umumnya akan menyebabkan timbulnya rasa sakit di tenggorokan. Bakteri tersebut adalah bakteri grup A Streptococcus. Bakteri yang satu ini merupakan salah satu penyebab paling utama dari tonsilitis atau yang dikenal dengan penyakit amandel.

Sakit yang terjadi pada tenggorokan yang dikarenakan oleh bakteri ini hampir 40 persen bisa menyerang anak-anak. Tonsilitis, maupun infeksi menular seksual misalnya saja gonore dan klamidia dimana juga dapat menyebabkan sakit pada bagian tenggorokan.

  1. Alergi

Alergi terjadi pada saat sistem kekebalan tubuh bereaksi pada pemicu alergi atau alergen misalnya saja serbuk sari, rumput, serta bulu hewan peliharaan. Hal ini dapat melepaskan bahan kimia di mana jadi penyebab dari gejala seperti halnya hidung tersumbat, mata mulai berair, bersin, serta iritasi tenggorokan.

Kelebihan lendir yang ada di dalam hidung juga mampu menetes pada bagian belakang tenggorokan. Kondisi yang seperti ini juga dikenal dengan sebutan postnasal drip di mana dapat menjadikan iritasi tenggorokan.

  1. Udara kering

Udara panas serta kering bisa menyedot kelembapan yang ada pada mulut dan juga tenggorokan. Hal ini bisa menjadikan tenggorokan lebih terasa kering serta gatal. Udara yang kering kemungkinan besar bisa terjadi pada masa antara peralihan musim dingin serta musim panas.

  1. Asap, Bahan Kimia Serta Zat Iritasi yang Lainnya

Banyak zat kimia serta zat lainnya pada lingkungan Anda yang mana dapat menjadikan tenggorokan jadi iritasi. Berikut ini beberapa zat yang dimaksud:

  • Zat yang ada di dalam rokok, asap rokok serta asap tembakau.
  • Zat kimia yang berasal dari polusi udara.
  • Zat yang berasal dari produk pembersih serta bahan kimia lainnya.

Di atas adalah beberapa penyebab sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan sendiri terjadi karena berbagai macam faktor yang berbeda-beda namun tidak ada salahnya jika Anda menjaga kesehatan diri sehingga kekebalan tubuh kuat dan bisa mengantisipasi beberapa penyebab dari sakit tenggorokan.